Virtualbox

VirtualBox merupakan perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

VirtualBox ini paling sering digunakan untuk :

1.Mencoba sistem operasi yang berbeda, os utama menggunakan linux sedangkan os virtual                                                menggunakan windows atau sebaliknya

2.Mencoba sistem operasi yang baru rilis, biasanya digunakan untuk melakukan te distro linx terbaru

3.Simulasi jaringan, os utama sebagai client sementara os virtual sebagai server ataupun sebaliknya

4.Simulasi security computer, os utama sebagai hacker dan os virtual sebagai target

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Sistem operasi yang dapat dijalankan oleh VirtualBox antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7,Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.

VirtualBox pertamakali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems

Keunggualan VirtualBox :

  1. Ringan

Yang di maksud adalah tidak menghabiskan kinerja komputer baik itu RAM maupun Hardisknya

  1. Praktis

Software ini gampang di pelajari oleh semua orang dan cara mendapatkanyya pun juga gratis.

Kekurangan VirtualBox :

  1. Harus di Upgrade

VirtualBox haruslah di perbarui versinya supaya bila ada OS terbaru virtualbox tersebut bisa mengaksesnya.

  1. Terbatasnya vitur-vitur

Virtualbox kurang memiliki vitur-vitur yang fungsinya untuk mempermudah user untuk menggunakan Virtualbox. Contoh tidak ada vitur “capture” yang tujuannya untuk mempermudah melihat praktek-praktek yg sebelumnya.

Cara Instalasi Virtualbox :

1. Buka folder yang berisikan Virtualbox.

Capture2. Doube klik pada ikon bergambar Virtualbox.

Capture 13. Kemudian akan muncul tampilan jendela bertuliskan “Welcome to Oracle VM VirtualBox 4.0.16 Setup Wizard”. Kemudian klik “Next”.

Capture 24. Setelah itu akan muncul jendela tampilan Custom Setup. Pada jeldela ini meminta penempatan lokasi VirtualBox. Klik “Next” untuk melanjutkan instalasi

Capture 35. Setelah itu akan muncul kotak dialog costum setup, yang bertujuan untuk membuat shortcut di desktop dan shortcut di Quick Launch Bar. Beri opsi centang pada kedua kodak dialog tersebut. Kemudian klik “Next”.

Capture 46. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah instalasi akan di lakukan sekarang ?. klik tombol “yes” untuk melanjutkan.

Capture 57. Setelah itu akan muncul kotak dialog  menanyakan siapkah untuk proses instalasi. Klik “install” untuk melanjutkan .

Capture 68. Kemudian akan muncul tampian proses pengcopyan virtualbox ke hardisk. Tunggu beberapa saat.

Capture 79. Kemudian akan muncul tampilan Windows Scurity, yang meminta anda untuk menginstal Oracle Corporation Universal Serial Bus. Jika anda ingin menginstall. Klik “install”.

Capture 810. Setelah itu akan kembali muncul jendela windows scurity, yg meminta anda untuk menginstal Oracle Corporation Network Service. Jika anda ingin menginstal klik “install”.

Capture 911. Kemudian akan ada jendela winndows scurity, yang meminta anda untuk menginstal Oracle Corporation Network Adapters. Jika anda ingin menginstal klik “install”.

Capture 1012. Setelah itu akan muncul kotak diaolg yang menandakan proses instalasi telah selesai. Beri tanda centang pada kotak dialog yang menjelaskan untuk membuka virtualbox. Kemudian klik “finish” untuk melanjutkan.

Capture 1113. Program Virtualbox siap untuk di jalankan.

Capture 12

Terima Kasih…

Tinggalkan komentar